MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG MENGGUNAKAN MEDIA VCD FILM KARTUN SISWA KELAS II SD NEGERI 2 WATES KULON PROGO, YOGYAKARTA

Rusdiana, Wahdatin (2015) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG MENGGUNAKAN MEDIA VCD FILM KARTUN SISWA KELAS II SD NEGERI 2 WATES KULON PROGO, YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak dongeng siswa kelas II SD Negeri 2 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta melalui penggunaan media VCD Film Kartun. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart. Tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 2 Wates, Kulon Progo yang berjumlah 39 siswa terdiri dari 17 siswa putri dan 22 siswa putra. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana siklus I dan siklus II terdiri dari 3 pertemuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi dan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes keterampilan menyimak dongeng siswa kelas II SD Negeri 2 Wates yang diperoleh selama pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan media VCD Film Kartun dapat meningkatkan keterampilan menyimak dongeng siswa kelas II SD Negeri 2 Wates, Kulon Progo. Hal ini ditunjukan berdasarkan peningkatan yang terjadi yaitu, (1) nilai rata-rata evaluasi pra tindakan siswa sebesar 66,79 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 41,03%, (2) nilai rata-rata evaluasi siklus I meningkat 8,5 menjadi 75,29 dengan persentase pencapaian KKM meningkat 19,5% menjadi 60,53%, (3) nilai rata-rata evaluasi siklus II meningkat 8,77 menjadi 84,06 dengan persentase pencapaian KKM meningkat 28,94% menjadi 89,47%. Kata kunci: Keterampilan menyimak dongeng, media VCD film kartun, siswa kelas II SD Negeri 2 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:35
Last Modified: 29 Jan 2019 20:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15641

Actions (login required)

View Item View Item