EFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BANTUL

Rita Sari, Rita (2015) EFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas layanan konseling kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-experimental design dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa kelas VII SMP N 2 Bantul. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala dan observasi sebagai data pendukung. Instrumen penelitian ini menggunakan skala kepercayaan diri dan pedoman observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan uji Wilcoxon dan analisis data kualitatif dari hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa yang dianalisis melalui teknik statistik nonparametris uji Wilcoxon dengan hasil 0,066 (Sig > 0,05) serta mengalami kenaikan rata-rata skor pretest sebesar 87,8 dan rata-rata skor posttest sebesar 91,6. Hasil penelitian juga didukung oleh observasi dengan memperoleh hasil bahwa terdapat perubahan perilaku siswa yang semula malu-malu lambat laun mulai menunjukkan kepercayaan diri dalam mengungkapkan pendapat dan berinteraksi dengan anggota kelompok. Kata kunci: konseling kelompok, kepercayaan diri, siswa SMP

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:35
Last Modified: 29 Jan 2019 20:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15640

Actions (login required)

View Item View Item