PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PUREN

Sari, Yanuartun Ika (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PUREN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Yanuartun Ika Sari NIM 10108247059.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Puren melalui pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas IV SD Negeri Puren Pringwulung Condongcatur Depok Sleman yang berjumlah 38 orang siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus tindakan. Instrumen-instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan tes. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgement. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah jika minimal 60% siswa kelas IV Negeri Puren telah mencapai KKM yaitu 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan pendekatan pembelajaran kontekstual terjadi peningkatan prestasi belajar IPA. Pada fase pra tindakan pencapaian KKM sebesar 31,9%, pada siklua 1 sebesar 57,9% dan pada siklus 2 sebesar 71,2%. Hasil siklus 2 dirasa sudah memuaskan karena sudah mencapai taraf keberhasilan yang telah ditentukan. Kata Kunci: Prestasi Belajar IPA dan Pendekatan Kontekstual

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:35
Last Modified: 29 Jan 2019 20:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15639

Actions (login required)

View Item View Item