MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VA DI SD N BAKALAN KABUPATEN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Hakim, Nurul Latifah (2015) MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VA DI SD N BAKALAN KABUPATEN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURUL LATIFAH HAKIM- NIM 09108244035.pdf

Download (54MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap ingin tahu siswa yang masih rendah serta penerapan pendekatan pembelajaran yang hanya menekankan pada aspek pengetahuan saja sehingga tidak memunculkan sikap ingin tahu siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ingin tahu melalui pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPA kelas VA semester genap di SD N Bakalan.. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus yang dilakukan sebanyak 3 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD N Bakalan Kabupaten Bantul yang berjumlah 21 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatnya sikap ingin tahu siswa dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas VA SD N Bakalan Kabupaten Bantul. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara tidak terstuktur, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan sikap ingin tahu siswa kelas VA SD N Bakalan Bantul. Hal ini dapat dilihat adanya peningkatan di setiap siklusnya. Kriteria belajar dalam penelitian ini adalah 75% dari keseluruhan siswa di kelas VA di SD N Bakalan kabupaten Bantul. Pada siklus I terjadi peningkatan rata-rata sikap ingin tahu siswa sebesar 0,71% dari jumlah keseluruhan siswa kelas VA SD N Bakalan Bantul. Pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata sikap ingin tahu siswa sebesar 6,91% dari jumlah keseluruhan siswa kelas VA SD N Bakalan kabupaten Bantul. Dan pada siklus III terjadi peningkatan rata-rata sikap ingin tahu siswa sebesar 1,59% dan lebih rendah dari siklus sebelumnya dikarenakan beberapa siswa kurang fokus ketika kegiatan pembelajaran. Sehingga siswa yang diawal kegiatan pembelajaran kurang fokus lebih baik diberikan pengertian terlebih dahulu agar di kegiatan selanjutnya lebih fokus. Dilihat dari kriteria ketuntasan belajar, pada siklus III sudah memenuhi ketuntasan belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan sikap ingin tahu siswa kelas VA pada mata pelajaran IPA di SD N Bakalan Kabupaten Bantul. Kata kunci: sikap ingin tahu, pendekatan kontekstual, IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:36
Last Modified: 29 Jan 2019 20:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15624

Actions (login required)

View Item View Item