MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA OBJEK LANGSUNG SISWA KELAS IVA SD NEGERI DERESAN

Sari, Endah Puspita (2015) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA OBJEK LANGSUNG SISWA KELAS IVA SD NEGERI DERESAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Endah Puspita Sari NIM 09108241012.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penerapan media objek langsung dan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas IVA SD Negeri Deresan setelah menggunakan media objek langsung pada pembelajaran menulis karangan deskripsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri Deresan yang berjumlah 29 siswa. Model penelitian ini menggunakan model spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media objek langsung dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IVA SD Negeri Deresan. Peningkatan tersebut terjadi pada proses dan hasil. Peningkatan dalam hal proses dapat dilihat pada pelaksanaan proses pembelajaran setelah guru menggunakan media objek langsung minat belajar siswa meningkat, yaitu dari pratindakan sebesar 16,25%, meningkat pada siklus I sebesar 62,5%, dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 84,38%. Selain itu, pada siklus I bimbingan guru kepada siswa masih kurang intensif sehingga siswa masih kurang dapat memahami materi yang diajarkan, sedangkan pada siklus II guru sudah lebih baik dalam memberikan bimbingan secara intensif, sehingga hasil belajar siswa menjadi semakin meningkat. Peningkatan proses tersebut diikuti dengan peningkatan hasil tes menulis karangan deskripsi siswa yaitu pada siklus I sebesar 0,2, kondisi awal 65 meningkat menjadi 67 dan pada siklus II meningkat sebesar 0,4, kondisi awal 67 meningkat menjadi 71. Peningkatan persentase pencapaian KKM dalam menulis karangan deskripsi pada siklus I sebesar 17,2%, kondisi awal 31,03% meningkat menjadi 48,23% dan siklus II meningkat sebesar 27,63%, kondisi awal 48,23% meningkat menjadi 75,86%. Kata kunci: keterampilan menulis karangan deskripsi, media objek langsung

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:36
Last Modified: 29 Jan 2019 20:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15621

Actions (login required)

View Item View Item