PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS BAGI SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS 2 KECAMATAN PENGASIH KULON PROGO

Rahayu, Fajar Sri (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS BAGI SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS 2 KECAMATAN PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FAJAR SRI RAHAYU.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Se- Gugus 2 Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pembelajaran aktif tipe card sort sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus 2 Kecamatan Pengasih. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kepek dan SDN Serang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Kelompok eksperimen yaitu SDN Kepek dan kelompok kontrol yaitu SDN Serang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data untuk menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS yang diperoleh siswa pada kelompok yang menerapkan pembelajaran aktif tipe card sort lebih tinggi daripada hasil belajar IPS siswa pada kelompok yang menerapkan pembelajaran yang biasa dilakukan guru bagi siswa kelas IV SD Se-Gugus 2 Kecamatan Pengasih. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikansi 5% (derajat kepercayaaan 95%) diperoleh t hitung (2,997) > t tabel (1,679). Hasil belajar IPS yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen yaitu 79,13 dan mean hasil belajar yang diperoleh kelompok kontrol yaitu 68,80. Kata kunci : Pembelajaran IPS, Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:36
Last Modified: 29 Jan 2019 20:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15620

Actions (login required)

View Item View Item