PENGEMBANGAN SIKAP SOSIAL SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAKEM PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VB SD NEGERI MANGIRAN, KECAMATAN SRANDAKAN, KABUPATEN BANTUL

Rufaida, Siska Difki (2015) PENGEMBANGAN SIKAP SOSIAL SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAKEM PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VB SD NEGERI MANGIRAN, KECAMATAN SRANDAKAN, KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SISKA DIFKI RUFAIDA, NIM 09108244052, PGSD.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sikap sosial siswa menggunakan pendekatan Pakem pada pembelajaran IPS kelas VB SD Negeri Mangiran, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Mangiran yang berjumlah 21 siswa, yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah sikap sosial siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes sikap, observasi, dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap sosial siswa kelas VB SD Negeri Mangiran dapat mengembang setelah diberi tindakan menggunakan pendekatan PAKEM pada pembelajaran IPS. Hasil tes sikap pratindakan menunjukkan sikap sosial siswa kelas VB mencapai 66%. Pada siklus I meningkat menjadi 71% dan pada siklus II mencapai 84%. Pada siklus II sikap sosial siswa kelas VB SD Negeri Mangiran telah mencapai indikator keberhasilan yaitu sikap sosial siswa mencapai kriteria baik atau ≥ 76%. Dengan demikian, penggunaan pendekatan PAKEM pada pembelajaran IPS dapat mengembangkan sikap sosial siswa kelas VB SD Negeri Mangiran. Kata kunci : sikap sosial, pendekatan PAKEM, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:36
Last Modified: 07 Sep 2015 03:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15615

Actions (login required)

View Item View Item