PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERCAKAN MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI TUKANGAN YOGYAKARTA

Widiyas, Tantri (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERCAKAN MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI TUKANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
ISI SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks percakapan melalui media gambar seri pada siswa kelas IV B SD Negeri Tukangan, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach) kolaborasi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV B SD Negeri Tukangan Yogyakarta yang berjumlah 27 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes, 2) catatan harian (field note), dan 3) dokumentasi. Instrumen penilaian yang digunakan berupa lembar catatan lapangan dan pedoman penilaian menulis teks percakapan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif dengan mecari rerata. Pembelajaran menulis teks percakapan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis teks percakapan pada siswa kelas IV B SD Negeri Tukangan Yogyakarta. Peningkatan keterampilan menulis teks percakapan terdiri dari proses dan hasil pembelajaran menulis teks percakapan. Peningkatan proses dapat dilihat dari aktivitas siswa. Pada siklus I, rasa antusias dan motivasi siswa dalam menulis teks percakapan cukup baik, namun perhatian siswa dalam proses pembelajaran masih kurang. Pada siklus II, rasa antusias dan motivasi siswa lebih meningkat. Perhatian siswa sudah baik dan fokus pada proses pembelajaran menulis teks percakapan. Peningkatan hasil dapat dilihat pada nilai rata-rata keterampilan menulis teks percakapan. Nilai rata-rata pada pra siklus 64,25. Nilai rata-rata pada siklus I meningkat sebesar 5,64 menjadi 69, 89, sedangkan nilai rata-rata pada siklus II meningkat 15,89 menjadi 80,14. Persentase pencapaian KKM dalam menulis teks percakapan pada pra siklus 25,92%. Persentase pencapaian KKM pada siklus I meningkat sebesar 18,53% menjadi 44,45%, sedangkan persentase pencapaian KKM pada siklus II meningkat sebesar 70,38% menjadi 96,30%. Kata Kunci : menulis teks percakapan, media gambar seri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:36
Last Modified: 29 Jan 2019 20:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15613

Actions (login required)

View Item View Item