PENERAPAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 MANJUNG KABUPATEN KLATEN

Krisdaning, - (2015) PENERAPAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 MANJUNG KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KRISDANING_09108241080.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika pecahan menggunakan Pendidikan Matematika Realistik pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Manjung, Ngawen, Klaten. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Peneliti berkolaborasi dengan guru sebagai pelaksana kegiatan pembelajaran dan peneliti sebagai pengamat atau observer. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Manjung, Ngawen, Klaten tahun ajaran 2012/2013. Objek dari penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika terkait pecahan melalui penerapan Pendidikan Matematika Realistik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dalam bentuk uraian terbatas yang dilakukan tiap akhir siklus, dan observasi yang dilakukan oleh peneliti. Data aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data hasil tes kemampuan memecahkan masalah dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan penyajian tabel dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Pendidikan Matematika Realistik yang dilaksanakan dengan menggunakan langkah-langkah PMR yang didasarkan pada karakteristik PMR yaitu penggunaan masalah kontekstual, penggunaan model, kontribusi siswa, kegiatan interaktif, dan keterkaitan topik dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Manjung. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil evaluasi siswa. Nilairata-rata sebelum tindakan adalah 55 dengan ketuntasan belajar 53,125%, nilai rata-rata siklus pertama adalah 64dengan ketuntasan belajar sebesar 68,75% dan nilai rata-rata siklus kedua adalah 76dengan ketuntasan belajar sebesar 90,625%. Kata kunci : pendidikan matematika realistik, kemampuan memecahkan masalah, pecahan, sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:36
Last Modified: 29 Jan 2019 20:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15610

Actions (login required)

View Item View Item