PERCEPATAN PEMANFAATAN SUMBER-SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER (PBK)BESERTA PENGELOLAANNYA DI SEKOLAH DASAR

Christina Ismaniati, M.Pd (2010) PERCEPATAN PEMANFAATAN SUMBER-SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER (PBK)BESERTA PENGELOLAANNYA DI SEKOLAH DASAR. INOTEK.

[img] Text
6--BATANG_TUBUH_LAPORAN

Download (122kB)

Abstract

Tujuan umum kegiatan PPM ini adalah mempercepat berkembangnya budaya iptek di sekolah-sekolah dasar dengan memanfaatkan sumber-sumber belajar serta media-media pembelajaran berbasis komputer (PBK) dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan tujuan khusus kegiatan PPM ini adalah: a. Mengembangkan model/produksi media pembelajaran berbantuan komputer (PBK) untuk beberapa topik pelajaran di SD. b. Model yang dikembangkan diharapkan dapat digulirkan serta dapat disosialisasikan dan/atau didesiminasikan ke sekolah-sekolah dasar lain di sekitarnya. c. Mempercepat penyerapan produk-produk iptek ke sekolah-sekolah dengan cara menyiapkan infrastruktur dalam bentuk pengelolaan Layanan Sumber Belajar (LSB) di sekolah-sekolah. d. Meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan berbasis iptek. e. Meningkatkan sinergi kelembagaan iptek (Litbang seperti BPMR & BTKP) pada berbagai tingkatan, PT (UNY), dengan dunia pendidikan (SD) dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia Indonesia. Pendekatan yang dipakai untuk mencapai tujuan tersebut adalah kolaboratif-partisipatif dialogis, sedangkan strategi/metode yang digunakan adalah ceramah dan lokakarya, simulasi, produksi dan pengembangan serta pendampingan. Hasil yang dicapai melalui kegiatan PPM ini adalah: a. Bertambahnya pengetahuan dan pemahaman guru mengenai pembelajaran yang berkualitas, pemanfaatan dan produksi media pembelajaran, dan meningkatnya motivasi dan kesadaran guru untuk memanfaatkan media dalam pembelajaran. b. Beberapa CD pembelajaran berbantuan komputer untuk mata pelajaran Sains, Bahasa Jawa, dan Bahasa Indonesia c. Terproduksinya 9 media pembelajaran untuk berbagai bidang studi. d. Terwujud dan berfungsinya Layanan Sumber Belajar di SD walaupun masih sederhana. Kesimpulan dari kegiatan PPM ini adalah bahwa kegiatan berjalan dengan lancar sesuai rencana dan mendapat sambutan dan peranserta aktif dari peserta. Peserta merasakan banyak manfaat dari kegiatan ini terutama para guru. Saran bagi guru adalah agar guru terus menerapkan pembelajaran dengan memanfaatkan media dan sumber-sumber belajar termasuk PBK demi peningkatan kualitas pembelajaran SD. Kepada pihak LPM diharapkan dapat menyelenggarakan program PPM lanjutan dari PPM ini.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Date Deposited: 04 Jul 2012 03:42
Last Modified: 02 Oct 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1561

Actions (login required)

View Item View Item