MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD N GUPAKAN II, TEPUS, GUNUNGKIDUL

Wulandari, Natalia (2015) MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD N GUPAKAN II, TEPUS, GUNUNGKIDUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Natalia Wulandari (09108241064) SUBAG DADI.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena siswa kelas V SD N Gupakan II kurang percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas V di SD N Gupakan II sehingga diketahui cara meningkatkannya dan mengetahui besar peningkatan percaya diri siswa melalui penggunaan strategi inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif dengan subjek penelitian siswa kelas V SD N Gupakan II yang berjumlah 13 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus tindakan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi percaya diri siswa, lembar observasi aktivitas guru dalam menerapkan strategi inkuiri terbimbing, dan skala percaya diri siswa. Validitas instrument pada penelitian ini menggunakan validasi konstruk yaitu konsultasi dengan dosen ahli. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya percaya diri siswa yaitu 75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses belajar mengajar termasuk pada kategori tinggi. Percaya diri siswa ditingkatkan dengan menggunakan ketiga tahap strategi inkuiri terbimbing yaitu pertanyaan, pengumpulan data, dan pemrosesan data dalam pembelajaran IPA. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan jumlah siswa yang percaya dirinya mencapai kategori tinggi berdasarkan observasi sebanyak 15% sedangkan berdasarkan skala percaya diri sebanyak 62%. Hasil ini belum memenuhi kriteria keberhasilan sehingga peneliti melakukan tindakan khusus pada siklus II berdasarkan refleksi siklus I. Tindakan tersebut diantaranya membimbing ketua kelompok untuk membagi tugas dan menjelaskan isi LKS sebelum siswa mengerjakan tugas kelompok, memotivasi siswa untuk aktif dalam tahap pengumpulan dan pemrosesan data, memberi kesempatan secara merata kepada setiap siswa untuk aktif di tahap pemrosesan data, dan memberikan alokasi waktu paling lama pada tahap pemrosesan data. Hasilnya jumlah siswa yang percaya dirinya mencapai kategori tinggi meningkat menjadi 83% berdasarkan observasi dan 92% berdasarkan skala sikap. Hasil yang diperoleh pada siklus II telah mencapai kriteria keberhasilan sehingga tindakan dihentikan pada siklus tersebut. Kata kunci: percaya diri, strategi inkuiri terbimbing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:36
Last Modified: 29 Jan 2019 20:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15608

Actions (login required)

View Item View Item