STUDI MISKONSEPSI PADA POKOK BAHASAN REDOKS DAN SEL ELEKTROKIMIA PADA BUKU TEKS KIMIA SMA EDISI BILINGUAL DAN BAHASA INGGRIS

Sari, Dini Permata (2014) STUDI MISKONSEPSI PADA POKOK BAHASAN REDOKS DAN SEL ELEKTROKIMIA PADA BUKU TEKS KIMIA SMA EDISI BILINGUAL DAN BAHASA INGGRIS. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
STUDI MISKONSEPSI PADA POKOK BAHASAN REDOKS.docx

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep-konsep yang mengalami miskonsepsi pada pokok bahasan redoks dan sel elektrokimia pada buku teks kimia SMA edisi bilingual dan bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen kebenaran konsep pada redoks dan sel elektrokimia. Pada analisis data, konsep-konsep dalam buku teks kimia dibandingkan dengan instrumen kebenaran konsep. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Empat buku teks kelas X dan tiga buku teks kelas XII digunakan sebagai sampel. Sebagai tambahan, terdapat dua buku teks berbahasa Inggris dari Malaysia dan Inggris. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya miskonsepsi dan potensi miskonsepsi pada buku teks. Miskonsepsi pada buku teks meliputi (1) definisi reaksi redoks berdasarkan pelepasan dan penerimaan oksigen, (2) definisi bilangan oksidasi, (3) penyetaraan reaksi menggunakan metode setengah reaksi dalam suasana basa, (4) penggunaan istilah ”E° Oksidasi”, dan (5) contoh reaksi redoks. Potensi miskonsepsi pada buku teks meliputi (1) definisi reaksi redoks berdasarkan transfer elektron dan bilangan oksidasi, (2) aturan penentuan bilangan oksidasi, (3) reduktor dan oksidator, (4) penyetaraan reaksi menggunakan metode bilangan oksidasi, (5) potensial standar dan potensial sel, nilai E°, (6) elektroda inert dan aktif, (7) penulisan reaksi pada sel elektrolisis, dan (8) contoh dan soal-soal pada sel elektrokimia. Katakunci: Miskonsepsi, Buku teks kimia, Redoks dan Sel Elektrokimia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 07 Apr 2015 08:15
Last Modified: 29 Jan 2019 20:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15601

Actions (login required)

View Item View Item