PELAKSANAAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL WALI KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL

Kristiani Septyan, Kristi (2014) PELAKSANAAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL WALI KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Septyan Kristiani.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PELAKSANAAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL WALI KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL Oleh: Septyan Kristiani NIM. 10402244011 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi interpersonal, tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan komunikasi interpersonal, faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan komunikasi interpersonal, media pelaksanaan komunikasi interpersonal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian adalah wali kelas, siswa AP Kelas X, dan guru BK kelas X. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan komunikasi interpersonal dapat dideskripsikan dengan mengacu pada konsep 5W+1H (yaitu: who (siapa): pelaku komunikasi interpersonal. Pelaku interpersonal disini yaitu wali kelas X Administrasi perkantoran yang berperan sebagai komunikator. What (apa): materi komunikasi interpersonal. Materi komunikasi yang disampaikan wali kelas kepada siswa. Where (dimana): Wali kelas melakukan komunikasi dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas. When (kapan): Waktu pelakasanaan komunikasi wali kelas dengan siswa kurang intensif karena sibuknya wali kelas. Why (mengapa): alasan atau tujuan komunikasi interpersonal yaitu menumbuhkan motivasi belajar siswa, menumbuhkan disiplin siswa dalam belajar. How (bagaimana): cara komunikasi interpersonal yang dilakukan wali kelas menggunakan tatap muka langsung serta menggunakan media telepon celuler. (2) Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan komunikasi interpersonal wali kelas yaitu: dapat meningkatkan motivasi belajar dan disiplin siswa, meningkatkan hubungan yang harmonis antara siswa dengan wali kelas, menimbulkan rasa kesenangan dan kenyaman siswa kepada sikap wali kelas. (3) Faktor pendukung pelaksanaan komunikasi interpersonal: iklim komunikasi, media komunikasi yang tersedia, kemampuan komunikasi wali kelas yang baik dengan siswa. (4) Faktor penghambat pelaksanaan komunikasi interpersonal yaitu: hambatan pekerjaan dan hambatan fasilitas. (5) media yang digunakan dalam pelaksanaan komunikasi interpersonal yaitu: pertemuan tatap muka, telepon celuler.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:36
Last Modified: 29 Jan 2019 20:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15594

Actions (login required)

View Item View Item