PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI LINGKUNGAN CABANG DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO

Christina Ismaniati, DR., M.Pd (2010) PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI LINGKUNGAN CABANG DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO. INOTEK.

[img] Text
artikel-PPM-Wates.doc

Download (152kB)

Abstract

Abstrak Sebagai pendidik profesional, guru dituntut tidak hanya melaksanakan tugas mendidik dan mengajar, tetapi juga harus mengembangkan profesinya. Salah satu bukti kemampuan mengembangkan profesi adalah mampu menulis karya ilmiah. Namun fakta menunjukkan bahwa para guru, terutama guru SD, masih banyak yang kurang mampu menulis karya ilmiah.Tujuan kegiatan PPM ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam penulisan karya ilmiah. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan kepada para guru SD di lingkungan Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Wates, Kabupaten Kulonprogo. Kegiatan pelatihan diawali dengan pemberian materi untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman guru tentang penulisan karya ilmiah. Setelah pemberian materi, para guru menulis karya ilmiah sambil dibimbing, diberi contoh, dan diberikan feedback. Pelaksanaan Pelatihan diadakan di Lingkungan UPTD PAUD dan Pendidikan Dasar Kecamatan Wates selama 3 hari pada tanggal 6, 13, dan 14 Agustus 2009 pukul 07.30 – 16.30 WIB Secara umum semua peserta mengikuti kegiatan dengan motivasi tinggi dan sungguh-sungguh. Hal ini nampak pada kehadiran mereka secara rutin selama tiga hari dan mengikuti setiap sesi dengan penuh perhatian dan antusiasme yang tinggi. Pertanyaan-pertanyaan mereka lontarkan pada saat dibuka sesi diskusi. Hal-hal yang kurang jelas mereka tanyakan sampai diperoleh pemahaman. Hari pertama kegiatan pelatihan, peserta mengikuti dengan seksama. Mereka merasa mendapat pengetahuan baru yang selama ini belum mereka ketahui, para peserta menjadi lebih paham tentang konsep dan aspek-aspek karya tulis ilmiah dan cara penulisannya secara terstandar. Hal ini terbukti dengan hasil karya ilmiah yang mereka bawa pada pertemuan kedua yang sebagian besar sudah memenuhi kriteria sebagai karya ilmiah yang baik. Hari kedua kegiatan berupa Pembimbingan/Konsultasi Penulisan KTI. Peserta sangat antusias memanfaatkan kesempatan ini untuk berkonsultasi, bertanya, dan memperbaiki karya ilmiah yang telah ditulisnya. Pada hari ke tiga, para peserta telah membawa karya tulis ilmiah masing-masing yang telah diperbaiki berdasarkan saran dan masukan yang diberikan oleh tim pengabdi sebelumnya. Ternyata dari semua karya ilmiah yang dikumpulkan dapat dinilai sesuai kriteria karya tulis ilmiah.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: lpm other
Date Deposited: 04 Jul 2012 03:41
Last Modified: 07 Aug 2012 01:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1559

Actions (login required)

View Item View Item