PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK KRISTEN 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2013/2014

Yuliasari Ririn, Ririn (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK KRISTEN 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK KRISTEN 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2013/2014 Penulis 1: Ririn Yuliasari Penulis 2: Suranto Prodi: Pendidikan Administrasi Perkantoran Email: Ririnyuliasari@gmail.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan motivasi belajar pada Standar Kompetensi Melakukan Prosedur Administrasi siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Kristen 2 Klaten Tahun Ajaran 2013/2014 melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan, 2) meningkatkan prestasi belajar pada Standar Kompetensi Melakukan Prosedur Administrasi siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Kristen 2 Klaten Tahun Ajaran 2013/2014 melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Adminsitrasi Perkantoran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif dilakukan dengan proses interaktif reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis deskriptif. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata persentase motivasi belajar sebesar 66,87% naik menjadi 81,25% pada pelaksanaan tindakan siklus II. Sedangkan dilihat dari aspek prestasi belajar pada saat siklus I masih ada 6 siswa yang tidak tuntas atau belum memenuhi KKM, sedangkan pada siklus II semua siswa telah mencapai nilai KKM yaitu angka 75. Sedangkan untuk nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan yaitu dari siklus I 73,7 naik ke siklus II yaitu 82,25.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:34
Last Modified: 08 Apr 2015 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15578

Actions (login required)

View Item View Item