PENGEMBANGAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS APLIKASI PREZI PADA STANDAR KOMPETENSI KORESPONDENSI BAHASA INDONESIA SMK KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Wulandari Elisa, Wulan (2014) PENGEMBANGAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS APLIKASI PREZI PADA STANDAR KOMPETENSI KORESPONDENSI BAHASA INDONESIA SMK KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
ful skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS APLIKASI PREZI PADA STANDAR KOMPETENSI KORESPONDENSI BAHASA INDONESIA SMK KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN Penulis 1 : Elisa Wulandari Penulis 2 : Sutirman Prodi: Pendidikan Administrasi Perkantoran Email: elisawuland@hotmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan desain media pembelajaran online berbasis aplikasi prezi pada Standar Kompetensi Korespondensi Bahasa Indonesia dan (2) mengetahui kelayakan desain media pembelajaran online berbasis aplikasi prezi pada Standar Kompetensi Korespondensi Bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan yang sudah diadaptasi meliputi tahap-tahap: (1) analisis; (2) desain; (3) pengembangan; dan (4) uji coba. Subjek uji coba penelitian iniberjumlah 30 siswakelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul. Desain uji coba penelitian dan pengembangan meliputi dua tahap yaitu uji alpha dan uji beta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, jenis data kuantitatif sebagai pokok data, meliputi skala penilaian, masukan, uraian, dan saran dari subjek uji coba yaitu ahli materi, ahli media, dan siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif yang diperoleh dari lembar kuesioner penilaian dianalisis, selanjutnya dikonversikan ke data kualitatif dengan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) desain media pembelajaran online berbasis aplikasi prezi pada Standar Kompetensi Korespondensi Bahasa Indonesia ini berhasil dikembangkan melalui beberapa tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, dan uji coba kelayakan; (2) hasil penilaian ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,11 dengan kategori “sangat baik”; hasil penilaian ahli media mendapatkan skor rata-rata 4,28 dengan kategori “sangat baik”; dan hasil uji coba pengguna mendapatkan skor rata-rata 4,09 dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian, desain media pembelajaran online berbasis aplikasi prezipada Standar Kompetensi Korespondensi Bahasa Indonesia yang dikembangkan dianggap layak untuk dijadikan desain media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:34
Last Modified: 29 Jan 2019 20:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15576

Actions (login required)

View Item View Item