PENGARUH LATIHAN DENGAN NET TERHADAP KETERAMPILAN HEADING SEPAKBOLA DI SSB HW U-15 KULON PROGO

R. Yanu Setiawan, Yanu Setiawan (2013) PENGARUH LATIHAN DENGAN NET TERHADAP KETERAMPILAN HEADING SEPAKBOLA DI SSB HW U-15 KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

Heading merupakan salah salah satu teknik dasar dalam permainan sepakbola. Latihan menggunakan net diduga mampu memberikan peningkatan atau pengaruh terhadap keterampilan heading siswa SSB HW U-15. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan dengan menggunakan net terhadap keterampilan heading sepakbola di SSB HW U-15 Kulon Progo. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design, yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SSB HW U- 15 Kulon Progo, dengan jumlah 20 anak. Pengambilan data menggunakan tes, dengan instrument berupa tes keterampilan heading dari Nurhasan, yang memiliki validitas 0,76 dan reabilitas 0,78. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t. Hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji-t mendapatkan t hitung sebesar - 8,073 lebih besar dari t tabel sebesar 1,729 (-8,073 > 1,729), sehingga terdapat peningkatan yang signifikan antara data sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Peningkatan rerata terlihat nyata karena terjadi peningkatan sebesar 6,15 dari 17,30 menjadi 23,45. Jika digambarkan dalam persentase, peningkatan tersebut sebesar 35,55%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan menggunakan net terhadap keterampilan heading di SSB HW U-15 Kulon Progo

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 07 Apr 2015 06:41
Last Modified: 29 Jan 2019 20:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15573

Actions (login required)

View Item View Item