IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 3 SMK NEGERI 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2013/2014

Kusumayanti Fitroh, Fitroh (2014) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 3 SMK NEGERI 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
UNDERGRADUATE THESIS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar akuntansi siswa kelas X Ak 3 SMK Negeri 1 Klaten tahun ajaran 2013/2014 dengan mengimplementasikan model cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dan dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya memiliki empat tahap yaitu: (1) perencanaan (planning), (2) tindakan/pelaksanaan (action), (3) pengamatan (observation), dan (4) refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan mereduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan analisis kuantitatif dilakukan dengan membandingkan perolehan skor aktivitas belajar akuntansi dengan skor maksimum yang kemudian dipersentasekan. Kriteria keberhasilan penelitian ini ditandai dengan persentase aktivitas belajar secara keseluruhan mencapai 75% yang didasarkan pada ketercapaian masing-masing indikator aktivitas belajar siswa atau minimal 28 siswa yaitu 75% dari jumlah siswa secara keseluruhan yang mengalami peningkatan skor aktivitas belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar akuntansi siswa kelas X AK 3 SMK Negeri 1 Klaten tahun ajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan skor aktivitas belajar akuntansi dari siklus I ke siklus II yang diperoleh dari data observasi dan angket. Data observasi menunjukkan peningkatan skor aktivitas belajar akuntansi sebesar 13,77% yaitu dari 73,92% pada siklus I menjadi 87,69% pada siklus II. Selain itu, data angket juga menunjukkan adanya peningkatan skor aktivitas belajar akuntansi sebesar 9,85% yaitu dari 72,61% pada siklus I menjadi 82,46% pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 13 Apr 2015 07:34
Last Modified: 29 Jan 2019 20:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15567

Actions (login required)

View Item View Item