PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 NGAGLIK TAHUN AJARAN 2013/2014

Ilyas Muhammad, Ilyas (2014) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 NGAGLIK TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Muhammad Ilyas 08403241007.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 NGAGLIK TAHUN AJARAN 2013/2014 Oleh: Muhammad Ilyas 08403241007 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngaglik Tahun Ajaran 2013/2014; (2) Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngaglik Tahun Ajaran 2013/2014; (3) Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngaglik Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian kausal komparatif ini menggunakan subjek penelitian seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngaglik yang berjumlah 95 siswa. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 26 responden. Pengumpulan data Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar dengan angket, sedangkan data Prestasi Belajar Akuntansi diperoleh dari dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknis analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda. Sebelum analisis data, terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi: Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji Multikolinieritas dan Uji Homokesdasdisitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngaglik Tahun Ajaran 2013/2014 dengan nilai rx1y (0,384), r2 x1y (0,147) dan thitung (4,010) > ttabel (1,658) pada taraf signifikansi 5%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngaglik Tahun Ajaran 2013/2014 dengan nilai rx2y (0,401) , nilai r2 x2y (0,161) dan thitung (4,218) > ttabel (1,658) pada taraf signifikansi 5%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngaglik Tahun Ajaran 2013/2014 dengan nilai R(1,2) ( 0,458), R2 (1,2) (0,210) dan Fhitung (12,243) > Ftabel (3,090).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:34
Last Modified: 29 Jan 2019 20:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15566

Actions (login required)

View Item View Item