PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PIYUNGAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Nurhadiyanti Sulistiyorini, Sulis (2014) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PIYUNGAN TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PIYUNGAN TAHUN AJARAN 2013/2014 Oleh : Sulistiyorini Nurhadiyanti NIM. 10403244042 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi (2) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi (3) Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua secara bersama-sama terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Piyungan Tahun Ajaran 2013/2014 berjumlah 57 siswa. Pengumpulan data dengan metode angket atau kuesioner. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel bebas Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua beserta variabel terikat Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Uji coba instrumen penelitian dengan uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan terhadap 30 siswa di SMA Negeri 1 Pleret. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan multikolinieritas. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Piyungan Tahun Ajaran 2013/2014 yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,434 dan nilai thitung sebesar 3,572> ttabel 2,002 dengan koefisien determinasi sebesar 18,8 % variabel ini mempengaruhi Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. (2) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Piyungan Tahun Ajaran 2013/2014 yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,564 dan nilai thitung sebesar 5,063> ttabel 2,002 dengan koefisien determinasi sebesar 31,8% variabel ini mempengaruhi Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. (3) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua secara bersama-sama terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Piyungan Tahun Ajaran 2013/2014 yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,655 dan nilai Fhitung sebesar 20,252>Ftabel 3,16 pada taraf signifikansi 5% dan koefisien determinasi sebesar 42,9% kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15559

Actions (login required)

View Item View Item