IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 4 SMK N 1 KLATEN TAHUN AJARAN2013/2014

Nuraini Luthfi, Luthfi (2014) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 4 SMK N 1 KLATEN TAHUN AJARAN2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi Luthfi Nuraini full.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 4 SMK N 1 KLATEN TAHUN AJARAN2013/2014 Oleh: Luthfi Nuraini 10418244022 ABSTRAK Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Laporan Keuangan siswa Kelas X AK 4 SMK N 1 Klaten Tahun Ajaran 2013/2014 melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif dan partisipatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan partisipasi angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data deskriptif dengan persentase kuantitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dengan penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan analisis data deskriptif dengan persentase kuantitaif dilakukan dengan mendeskripsikan data kualitatif yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AK 4 SMK N 1 Klaten. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan pada indikator membaca materi pelajaran akuntansi, mencatatat materi pelajaran akuntansi, mendengarkan penjelasan guru dan dari diskusi kelompok, aktif bertanya tentang materi yang belum dipahami, mengerjakan kasus/tugas secara mandiri, membantu teman yang kesulitan memahami materi dalam kelompok, bersemangat untuk bekerjasama dalam kelompok, menjawab pertanyaan dan menanggapi pendapat teman lain selama diskusi, dan memberikan partisipasi selama proses pembelajaran dengan model cooperative learning tipe Snowball Throwing. Pada siklus 1 diperoleh rata-rata skor 65,84% dan pada siklus 2 diperoleh skor 82,10%, terjadi peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 16,26%. Selain itu berdasarkan angket yang didistribusikan kepada siswa dapat disimpulkan pula bahwa terjadi peningkatan skor Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa sebesar 14,52%, dari skor siklus 1 sebesar 68,42% ke siklus 2 sebesar 82,94%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15549

Actions (login required)

View Item View Item