Anis, Khoerun Nisa (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DESKTOP KELAS XI RPL SMK MA’ARIF WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
SKRIPSI_11520241038.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Desktop kelas XI TI B SMK Ma’arif Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang ada di kelas. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI TI B semester genap tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dokumentasi, dan rekaman video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Pemrograman Desktop dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dari siklus I sebesar 67,97% mengalami peningkatan menjadi 77,97% pada siklus II. Hasil belajar pengetahuan siswa terlihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 72,50 dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas menjadi 77,81. Hasil belajar keterampilan siswa terlihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 74,38 dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas menjadi 83,13 Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), keaktifan, hasil belajar, Pemrograman Desktop
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | pend elektronika ft |
Date Deposited: | 07 Apr 2015 04:10 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15535 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |