PENINGKATAN KETERAMPILAN FOTOGRAFI KAMERA DSLR DENGAN METODE DRILL DAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATA PELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 KLATENM

Muhamad Rizki, Adi Wijayanto (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN FOTOGRAFI KAMERA DSLR DENGAN METODE DRILL DAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATA PELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 KLATENM. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PENINGKATAN KETERAMPILAN FOTOGRAFI KAMERA DSLR DENGAN METODE DRILL DAN PENDEKATAN SCIENTIFIC.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran drill (latihan siap) dan pendekatan scientific dalam meningkatkan keterampilan fotografi kamera DSLR pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital siswa kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri 1 Klaten serta untuk mengetahui tanggapan siswa kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri 1 Klaten terhadap penerapan metode pembelajaran drill (latihan siap) dan pendekatan scientific pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik di kelas kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri 1 Klaten Semester Ganjil Tahun Akademik 2014/2015 yang berjumlah 29 siswa. Penelitan ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap pertemuan dilakukan pengamatan keterampilan fotografi kamera DSLR siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunaan lembar observasi keterampilan fotografi kamera DSLR, angket, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa keterampilan fotografi kamera DSLR pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital siswa kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri 1 Klaten dapat ditingkatakan dengan penerapan metode pembelajaran drill (latihan siap) dan pendekatan scientific. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan keterampilan fotografi kamera DSLR siswa pada setiap siklusnya, pada Pra Tindakan skor rata-rata keterampilan fotografi kamera DSLR daalah sebesar 14,90, pada Siklus I pertemuan pertama meningkat 3,33% menjadi 15,90 kemudian meningkat 8,39% menjadi 18,41 pada Siklus I pertemuan kedua. Pada Siklus II pertemuan pertama skor rata-rata keterampilan fotografi kamera DSLR siswa mengalami peningkatan 11.84% menjadi 21,97, dan pada Siklus II pertemuan kedua skor rata-rata keterampilan fotografi kamera DSLR siswa meningkat 9,98% menjadi 24,69. Tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran drill (latihan siap) dan pendekatan scientific pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital di kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri 1 Klaten menunjukkan tanggapan yang positif yang ditunjukkan dengan presentase skor angket respon siswa sebesar 81,86%. Kata kunci : metode drill, pendekatan scientific, keterampilan fotografi kamera DSLR, tanggapan siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:48
Last Modified: 29 Jan 2019 20:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15533

Actions (login required)

View Item View Item