UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SDN I KRAJAN JATINOM

Kurniawati, Desy Arinda (2015) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SDN I KRAJAN JATINOM. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
BAB I - Daftar Pustaka.pdf

Download (626kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pembelajaran kontekstual pada siswa kelas IV SDN I Krajan, Jatinom, Klaten. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN I Krajan Jatinom dengan jumlah sebesar 35 siswa. Desain penelitian penelitian ini adalah menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan untuk hasil tes siswa adalah analisis deskriptif kuantitatif. Keberhasilan pencapaian indikator hasil siswa adalah 75% siswa yang tuntas mencapai KKM. Hasil penelitian ini bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa SDN I Krajan Jatinom. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai siswa setelah adanya tindakan siklus I dan siklus II. Keterampilan menulis siswa melalui pembelajaran kontekstual setelah tindakan siklus II sebesar 9,92 (dengan kondisi awal 61,14 meningkat menjadi 71,06). Peningkatan persentase ketuntasan nilai siswa setelah tindakan siklus II sebesar 60%. Kata kunci : menulis karangan deskripsi, pembelajaran kontekstual

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15521

Actions (login required)

View Item View Item