PENGARUH LATIHAN BALL FEELING TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING PADA SISWA PESERTA SEKOLAH SEPAK BOLA (SSB) MELATI MUDA (MM) BANTUL KU 13-15 TAHUN

Nuryanto Wibowo, Nuryanto (2013) PENGARUH LATIHAN BALL FEELING TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING PADA SISWA PESERTA SEKOLAH SEPAK BOLA (SSB) MELATI MUDA (MM) BANTUL KU 13-15 TAHUN. S1 thesis, Fakultas ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan permasalahan belum diketahui pengaruh latihan ball feeling terhadap kemampuan dribbling pada siswa peserta SSB Melati Muda. Jadi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan ball feeling terhadap kemampuan dribbling pada siswa peserta sekolah sepakbola Melati Muda Bantul KU 13-15 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan datanya berupa tes dan pengukuran. Subjek dari penelitian ini adalah siswa sekolah sepakbola Melati Muda Bantul KU 13-15, Subjek penelitian berjumlah 25 orang. Tes menggunakan tes dribbling. Tujuan tes ini untuk mengukur kecepatan dribbling anak. Instrumen penelitian menggunakan tes kecakapan menggiring bola (dribbling) oleh Subagyo Irianto, dkk (1995) dengan hasil uji kesahihan sangat signifikan 0,763 dan uji keandalan r= 0,637. Teknik analisis data menggunakan uji t melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh latihan ball feeling terhadap tingkat kemampuan dribbling sekolah sepakbola Melati Muda Bantul KU 13-15, dengan nilai signifikansi hitung pada uji t kelompok pretest dan post test sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (Sig < 0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 07 Apr 2015 02:35
Last Modified: 29 Jan 2019 20:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15518

Actions (login required)

View Item View Item