UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN JARIMATIKA DALAM TEMA LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS II DI SD NEGERI 2 KLAPASAWIT KALIMANAH, PURBALINGGA

Septianti, Dwi Aris (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN JARIMATIKA DALAM TEMA LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS II DI SD NEGERI 2 KLAPASAWIT KALIMANAH, PURBALINGGA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Dwi Aris Septianti_NIM 07108248336.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika pada materi perkalian dan pembagian menggunakan jarimatika, peserta didik kelas II di SD Negeri 2 Klapasawit Kalimanah, Purbalingga. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subyek PTK ini adalah siswa kelas II SD Negeri 2 Klapasawit yang berjumlah 20 siswa dan obyeknya adalah upaya meningkatkan prestasi belajar matematika siswa pada saat pembelajaran menggunakan metode jarimatika. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode jarimatika dalam proses pembelajaran Matematika kelas II dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penggunaan metode jarimatika dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas II SD Negeri 2 Klapasawit, Kalimanah, Purbalingga. Hal tersebut ditunjukkan pada saat proses belajar mengajar dengan menggunakan metode jarimatika siswa menjadi lebih aktif. Meningkatnya prestasi belajar siswa juga ditunjukkan dari adanya peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa pada tahap prasiklus adalah 63,05. Jumlah siswa yang prestasi belajarnya mencapai KKM ada 11 siswa (55 %). Kemudian setelah diadakan tindakan pada siklus I rata-rata prestasi belajarnya menjadi 65,5 dan jumlah siswa yang prestasi belajarnya mencapai KKM ada 13 siswa (65 %). Pada siklus II prestasi belajarnya meningkat menjadi 70,25 dan jumlah siswa yang prestasi belajarnya mencapai KKM ada 16 siswa (80 %). Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa yang mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II yang tadinya 69,41 % menjadi 72,47 %. Kata kunci: prestasi belajar, metode jarimatika, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15516

Actions (login required)

View Item View Item