PERBEDAAN AKURASI PASSING ANTARA KAKI BAGIAN DALAM (INSIDE), KAKI BAGIAN LUAR (OUTSIDE) DAN PUNGGUNG KAKI (INSTEP) PADA SISWA SEKOLAH SEPAKBOLA (SSB) ANGKATAN MUDA SEYEGAN (AMS) KELOMPOK USIA 14 - 15 TAHUN

Isnu Adhianto, Adhianto (2013) PERBEDAAN AKURASI PASSING ANTARA KAKI BAGIAN DALAM (INSIDE), KAKI BAGIAN LUAR (OUTSIDE) DAN PUNGGUNG KAKI (INSTEP) PADA SISWA SEKOLAH SEPAKBOLA (SSB) ANGKATAN MUDA SEYEGAN (AMS) KELOMPOK USIA 14 - 15 TAHUN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya tingkat akurasi passing siswa Sekolah Sepakbola (SSB) AMS Kelompok Usia 14–15 serta program latihan khususnya yang mengembangkan latihan teknik dasar passing pendek/short passing frekuensi latihannya masih jarang sekali diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan akurasi passing serta teknik manakah yang paling efektif antara kaki bagian dalam (Inside), kaki bagian luar (Outside), dan punggung kaki (Instep) pada siswa Sekolah Sepakbola (SSB) AMS Kelompok Usia 14 – 15 Tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Sepakbola (SSB) Angkatan Muda Seyegan (AMS) kelompok usia 14 - 15 tahun yang berjumlah 17 anak. Pengambilan data menggunakan instrumen tes mengoper bola rendah dari Subagyo Irianto dengan validitas sebesar 0,812 dan reliabilitas sebesar 0,879. Teknik analisis data melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil akurasi passing antara kaki bagian dalam (Inside), kaki bagian luar (Outside), dan punggung kaki (Instep) pada siswa Sekolah Sepakbola (SSB) AMS Kelompok Usia 14 – 15 Tahun. Perbedaan itu juga ditunjukkan oleh besarnya rerata dari ketiga kelompok yang berbeda, yaitu 8,59 untuk akurasi passing menggunakan kaki bagian dalam (Inside), 5,88 untuk kaki bagian luar (Outside), sedangkan ratarata terkecil adalah menggunakan punggung kaki (Instep) sebesar 5,06. Akurasi passing yang paling baik adalah menggunakan kaki bagian dalam (Inside)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 07 Apr 2015 02:28
Last Modified: 29 Jan 2019 20:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15513

Actions (login required)

View Item View Item