PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS IV SDN BRENGOSAN 2 NGAGLIK SLEMAN

Rohmah, Isnainiatur (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS IV SDN BRENGOSAN 2 NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi Isnainiatur Rohmah.pdf

Download (54MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada siswa kelas IV SDN Brengosan 2 Ngaglik Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan observasi,serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVSDN Brengosan 2 yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi dan tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi guru, observasi siswa, dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif adalah prestasi belajar, sedangkan data yang dianalisis secara deskriptif kualitatif adalah hasil observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Peningkatan prestasi belajar siswa tersebut dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Sebelum dilakukan tindakan, ada 6siswa atau 23% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥65. Setelah dilakukan tindakan dengan pendekatan PMR Siklus I, hasil tes di siklus I ada 13 siswa atau50% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥65.Setelah dilakukan perbaikan dengan mengevaluasipenerapanpendekatan PMR, dengan cara menyederhanakan LKS dan memperbaiki langkah penerapan PMR, terbukti dapat meningkatkan prestasi belajarsiswa, ditandai ada 19 siswa atau 73% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥65. Nilai rata-rata hasil post test meningkat, pada siklus I yaitu 63,35 sedangkan pada siklus II yaitu 73,81. Kata Kunci: prestasi belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan,pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15504

Actions (login required)

View Item View Item