PENGARUH HUTANG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013)

Orientanti Suci, Tanti (2014) PENGARUH HUTANG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Suci Orientanti.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGARUH HUTANG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013) Oleh : Suci Orientanti 10408144008 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hutang terhadap nilai perusahaan, dan pengaruh ukuran perusahaan terhadap hubungan hutang dengan nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2013. Variabel independen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan. Variabel dependennya adalah hutang, dan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Desain penelitian ini menggunakan studi kausalitas. Populasi penelitian meliputi semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data populasi penelitian sebanyak 119 perusahaan, dan diperoleh sampel sebanyak 32 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi moderasi (moderated regression analysis). Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) variabel hutang berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sehingga hipotesis pertama diterima. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 6,484 dan tingkat signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. (2) variabel ukuran perusahaan secara signifikan memperkuat pengaruh hutang terhadap nilai perusahaan, sehingga hipotesis kedua diterima. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 3,200 pada tingkat signifikansi 0,002 yang lebih kecil dari 0,05. Implikasi dari penelitian ini adalah pendanaan melalui hutang dapat memberikan manfaat besar terhadap nilai perusahaan. Diantaranya sebagai tambahan dana operasional perusahaan, penghematan pajak perusahaan, berlaku organisasi yang lebih efisien, dan menaikkan harga saham. Berdasarkan pada teori sinyal, manfaat tersebut dapat ditangkap oleh investor sebagai sinyal yang positif sehingga dapat meningkatkan price to book value perusahaan. Ukuran perusahaan yang dicerminkan dengan total aset, membuat perusahaan mempunyai fleksibilitas dan aksesibilitas untuk memperoleh pendanaan eksternal melalui pasar modal yang berguna untuk peningkatan nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 20:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15502

Actions (login required)

View Item View Item