PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN METODE MENGAJAR DOSEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2011 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Iman, Galang Roza (2014) PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN METODE MENGAJAR DOSEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2011 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar (2) Pengaruh Metode Mengajar Dosen terhadap Motivasi Belajar (3) Pengaruh Interaksi Teman Sebaya dan Metode Mengajar Dosen secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2011 Universitas Negeri Yogyakarta sebanyak 129 mahasiswa. Pengumpulan data dengan metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. Metode kuesioner untuk mengumpulkan data Motivasi Belajar, Interaksi Teman Sebaya, dan Metode mengajar dosen, sedangkan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data pendukung seperti jumlah mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2011 di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Uji coba instrumen penelitian dengan uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan terhadap 40 mahasiswa diluar populasi penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga.Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian prasyarat analisis meliputi uji linearitas dan multikolinieritas. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan Interaksi Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2011 Universitas Negeri Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,431 dan nilai thitung sebesar 5,375> ttabel 1,656 dengan koefisien determinasi (r2)sebesar 18,5% variabel ini mempengaruhi Motivasi Belajar. (2) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan Metode Mengajar Dosen terhadap Motivasi Belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2011 Universitas Negeri Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,444 dan nilai thitung sebesar 5,583> ttabel 1,656 dengan koefisien determinasi (r2) sebesar 19,7% variabel ini mempengaruhi Motivasi Belajar. (3)Terdapat Pengaruh positif dan signifikan Interaksi Teman Sebaya dan Metode Mengajar Dosen secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2011 Universitas Negeri Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,585 dan nilai Fhitung sebesar 32,789 > Ftabel 3,07 pada taraf signifikansi 5% dan koefisien determinasi (R2) sebesar 34,2% kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi Motivasi Belajar. Kata kunci: Interaksi Teman Sebaya, Metode Mengajar Dosen, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 20:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15500

Actions (login required)

View Item View Item