PENGARUH AGENCY COST, PROFITABILITY, DAN FREE CASH FLOW TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Haryadi Lias Dwi, Dwi (2014) PENGARUH AGENCY COST, PROFITABILITY, DAN FREE CASH FLOW TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENGARUH AGENCY COST, PROFITABILITY, DAN FREE CASH FLOW TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Oleh : Lias Dwi Haryadi NIM. 10408141046 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Agency Cost, Profitability, dan Free Cash Flow terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode pengamatan dalam penelitian ini adalah tahun 2010 sampai dengan tahun 2012. Desain penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal. Populasi penelitian yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2012 sebanyak 58 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 18 perusahaan manufaktur. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan tingkat signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji parsial (uji-t) variabel Managerial Ownership tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio dengan koefisien regresi sebesar -0,534 dan nilai signifikansi 0,341 > 0,05, sehingga Ha1 ditolak. Return On Equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap Dividend Payout Ratio dengan koefisien regresi sebesar 0,916 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga Ha2 diterima. Free Cash Flow to Total Assets tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio dengan koefisien regresi sebesar 0,094 dan nilai signifikansi 0,496 > 0,05, sehingga Ha3 ditolak. Hasil uji ketepatan model diperoleh nilai F hitung sebesar 4,333 dengan nilai signifikansi sebesar 0,009. Analisis regresi menghasilkan Adjusted R2 sebesar 0,159 atau 15,9%. Hal ini berarti variasi Dividend Payout Ratio dapat dijelaskan oleh variabel Managerial Ownership, Return On Equity, dan Free Cash Flow sebesar 15,9%, sedangkan sisanya 84,1% dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Persamaan regresi berganda dalam penelitian ini dirumuskan menjadi: Y = 0,321 ─ 0,534X1 + 0,916X2 + 0,094X3 + e.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 20:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15496

Actions (login required)

View Item View Item