PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI BIAYA SISWA KELAS XI KEJURUAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Nodiningtyas, Dyah Inggar (2014) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI BIAYA SISWA KELAS XI KEJURUAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
DYAH_INGGAR_NODININGTYAS(2).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

08403244019 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Biaya Siswa Kelas XI Kejuruan Akuntansi SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2013/2014; (2) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Biaya Siswa Kelas XI Kejuruan Akuntansi SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2013/2014; (3) Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Biaya Siswa Kelas XI Kejuruan Akuntansi SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Kejuruan Akuntansi yang ada di SMK Negeri 1 Godean tahun ajaran 2013/2014 berjumlah 96 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuisioner) dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 31 responden siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh variabel bebas sendiri-sendiri terhadap variabel terikat, sedangkan untuk mengetahui pengaruh kedua variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikat digunakan analisis regresi ganda. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji linieritas dan multikolinieritas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Biaya dibuktikan dengan rx1y sebesar 0,375 dan r2 x1y sebesar 0,141, harga thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 3,921>1,985, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Biaya dibuktikan dengan rx2y sebesar 0,311 dan r2 x2y sebesar 0,097, harga thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 3,175>1,985 , (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Biaya dibuktikan dengan Ry(1,2)= 0,461 dan R2 y(1,2)= 0,213, harga Fhitung > Ftabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 12,558>3,094. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Akuntansi Biaya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 20:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15491

Actions (login required)

View Item View Item