PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SENAM LANTAI GULING BELAKANG SISWA KELAS VIII ANTARA KELAS AKSELERASI DAN KELAS REGULER SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Tony Prihatmoko, Prihatmoko (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SENAM LANTAI GULING BELAKANG SISWA KELAS VIII ANTARA KELAS AKSELERASI DAN KELAS REGULER SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pendidikan jasmani pada pokok materi senam lantai guling belakang siswa kelas VIII antara kelas akselerasi dan reguler di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII, kelas akselerasi dan reguler SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta pada tahun pelajaran 2012/2013, dengan jumlah sampel kelas akselerasi 20 respoden dan kelas reguler 20 responden. Masing-masing kelas terdiri dari 10 responden laki-laki dan 10 responden perempuan. Untuk teknik pengambilan sampel kelas akselerasi adalah sampel jenuh dan untuk kelas reguler menggunakan teknik proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi yang berbentuk daftar periksa atau check list atau skala penilaian (rating scale) untuk penilaian hasil belajar psikomotor senam lantai guling belakang. Teknik pengujian instrumen adalah uji validasi dosen ahli kemudian uji validasi dan uji reabilitas siswa. Teknik analisis data adalah uji persyaratan dan uji hipotesis. Uji pesyaratan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan uji hipotesis menggunakan uji t (t-test) dan uji anova, ini digunakan untuk menguji hipotesis komparatif dua sampel independen dengan taraf signifikasi 5 %. Hasil ini menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar psikomotor senam lantai guling belakang pada siswa kelas VIII kelas reguler dan kelas akselerasi di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Dengan perbedaan rata-rata sebesar 2,8 dimana kelas regular lebih baik dibanding kelas akselerasi. Dengan hasil perhitungan data hasil belajar siswa diperoleh nilai = 2,859 lebih besar dari pada = 2,021 dan nilai p < 0.05 pada taraf signifikansi 5 %. Karena harga lebih besar dari dan berada dalam daerah Ha atau p < 0.05 pada taraf signifikansi 5 %, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data di atas maka dapat di lihat bahwa kelas regular memiliki hasil belajar psikomotor senam lantai guling belakang yang lebih baik dibandingkan dengan kelas akselerasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 07 Apr 2015 01:43
Last Modified: 29 Jan 2019 20:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15489

Actions (login required)

View Item View Item