Arianisari, Septiningdyah (2014) PENGARUH PENERAPAN MOVING CLASS DAN FASILITAS KELAS AKUNTANSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 CILACAP TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.
|
Text
Septiningdyah Arianisari - FE - 44005 - SKRIPSI - 2014.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Penerapan Moving Class terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cilacap pada Tahun Ajaran 2013/2014. (2) Pengaruh Fasilitas Kelas Akuntansi terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cilacap pada Tahun Ajaran 2013/2014. (3) Pengaruh Penerapan Moving Class dan Fasilitas Kelas Akuntansi terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cilacap tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cilacap berjumlah 68 siswa. Berdasarkan data merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis statistik. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Uji coba instrumen dilakukan terhadap 30 siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Cilacap. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisi regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, linearitas, multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1)Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Penerapan Moving Class dengan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cilacap. Hal ini ditunjukan dengan harga rhitung (rx1y) 0,325 rtabel 0,239 dan Koefisien Determinasi R2 x1y sebesar 0.105. thitung 2,787 ttabel sebesar 1,995 pada taraf signifikansi 5%. Persamaan regresi sederhana yakni Y = 0,457X1 + 49,267. (2)Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Fasilitas Kelas Akuntansi dengan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cilacap. Hal ini ditunjukan dengan harga rhitung(rx2y) 0,319 rtabel 0,239 dan R2 x2y sebesar 0,102. thitung 2,734 ttabel 1,995 pada taraf signifikansi 5%. Persamaan regresi sederhana yakni Y = 0,334X2 + 51,049. (3)Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Penerapan Moving Class dan Fasilitas Kelas Akuntansi secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cilacap. Hal ini dapat ditunjukan dengan harga Ry(1,2)sebesar 0,387 dan R2 y(1,2)sebesar 0.150, Harga Fhitung 5,718 Ftabel (65:2) sebesar 3,138. karenaFhitung>Ftabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,005 sehingga F<0,05 dan persamaan regresi sederhana yakni Y = 0,334X1 + 0,238 X2 + 43,879 Kata kunci: Penerapan Moving Class, Fasilitas Kelas Akuntansi, Motivasi Belajar Siswa, SMA Negeri 1 Cilacap
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 07 Apr 2015 03:19 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15488 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |