PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS V SDN BRONGGANG, CANGKRINGAN SLEMAN

Kurnianto, Yuristya Perdana (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS V SDN BRONGGANG, CANGKRINGAN SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Bronggang, Cangkringan, Sleman tahun ajaran 2012/2013 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT). Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action reaserch) dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Bronggang, Cangkringan, Sleman semester gasal tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen berupa lembar observasi dan soal tes. Sebelum digunakan instrument terlebih dahulu divalidasi secara expert judgement. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya prestasi belajar IPS yakni 75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65 dan meningkatnya kualitas proses (partisipasi/keterlibatan siswadan aktifitas guru) dalam lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Sebelum dilakukannya tindakan 6 siswa mencapai ketuntasan (30%) dan 14 siswa belum mencapai ketuntasan (70%). Setelah dilakukan tindakan siklus I siswa yang mencapai ketuntasan 8 siswa (40%) dan belum tuntas 12 siswa (60%). Setelah tindakan siklus II, siswa tuntas belajar 18 siswa (90%) dan belum tuntas 2 siswa (10%). Rata-rata prestasi belajar siswa sebelum tindakan 57,40, setelah siklus I meningkat menjadi 63,90, setelah siklus II meningkat menjadi 78,80. Kata Kunci : prestasi belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe TGT

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15483

Actions (login required)

View Item View Item