ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PENAWARAN UMUM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus Pada Perusahaan yang Go Public di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2012) ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING UNDERPRICING IN INITIAL PUBLIC OFFERINGS IN INDONESIAN STOCK EXCHANGE (Case studies on companies that go public in Indonesian stock exchange between 2009 – 2012 period)

Harnawan Muhammad Ari, Ari (2014) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PENAWARAN UMUM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus Pada Perusahaan yang Go Public di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2012) ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING UNDERPRICING IN INITIAL PUBLIC OFFERINGS IN INDONESIAN STOCK EXCHANGE (Case studies on companies that go public in Indonesian stock exchange between 2009 – 2012 period). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PENAWARAN UMUM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus Pada Perusahaan yang Go Public di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2012) ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING UNDERPRICING IN INITIAL PUBLIC OFFERINGS IN INDONESIAN STOCK EXCHANGE (Case studies on companies that go public in Indonesian stock exchange between 2009 – 2012 period) Oleh : Muhammad Ari Harnawan Prodi Manajemen Universitas Negeri Yogyakarta ariharnawan@yahoo.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh DER, ROA, ukuran perusahaan dan reputasi underwriter terhadap underpricing perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia secara parsial maupun simultan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan kriteria: 1) Tercatat sebagai emiten selama periode penelitian; 2) Mengeluarkan laporan keuangan pada tahun IPO; 3) Menyediakan data harga pembukaan dan penutupan saham; 4) ROA positif. Hasil analisis data dengan menggunakan uji parsial (uji t), DER berpengaruh positif dan signifikan terhadap underpricing ditunjukkan dengan t hitung 2,482 dan nilai signifikansi 0,004. Variabel ROA berpengaruh negatif dan signifikan terhadap underpricing yang ditunjukkan dengan t hitung -0,624 dan nilai signifikansi 0,048. Variabel ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap underpricing ditunjukkan dengan t hitung -0,349 dan nilai signifikansi 0,038. Variabel reputasi underwriter tidak berpengaruh terhadap underpricing ditunjukkan dengan t hitung sebesar 4,791 dan nilai signifikansi 0,271. Secara keseluruhan, DER, ROA, ukuran perusahaan dan reputasi underwriter mempengaruhi underpricing, d=ditunjukan dengan nilai F sebesar 8,140. Nilai Adjusted R2 adalah 61,9%, sedangkan sisanya sebesar 38,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 20:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15473

Actions (login required)

View Item View Item