HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DENGAN AKURASI TENDANGAN KE GAWANG SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMP NEGERI 2 PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL

Ria Febriana Effendi, Febriana (2013) HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DENGAN AKURASI TENDANGAN KE GAWANG SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMP NEGERI 2 PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIA FEBRIANA EFFENDI-NIM. 09601244240.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Akurasi tendangan ke gawang sangat dipengaruhi oleh panjang tungkai dan kekuatan otot tungkai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan panjang tungkai dan kekuatan otot tungkai dengan akurasi tendangan ke gawang siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 2 Piyungan, Kabupaten Bantul. Metode yang digunakan adalah survei, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 2 Piyungan Bantul yang berjumlah 25 siswa, seluruh populasi digunakan dalam penelitian ini. Instrumen untuk mengukur panjang tungkai menggunakan anthropometer, kekuatan otot tungkai diukur menggunakan leg and back dynamometer, dan akurasi tendangan diukur menggunakan tes menembak bola ke sasaran (Nurhasan, 2001: 157). Analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Ada hubungan yang signifikan antara panjang tungkai dengan akurasi tendangan ke arah gawang siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 2 Piyungan, Kabupaten Bantul, dengan rx1.y = 0.764 > r(0.05)(24) = 0.330. (2) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot tungkai dengan akurasi tendangan ke arah gawang siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 2 Piyungan, Kabupaten Bantul, dengan rx2.y = 0.786 > r(0.05)(24) = 0.330. (3) Ada hubungan yang signifikan antara panjang tungkai dan kekuatan otot tungkai terhadap akurasi tendangan ke arah gawang siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 2 Piyungan, Kabupaten Bantul, dengan Ry(x1.x2) = 0.873 > R(0.05)(24) = 0.330. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sumbangan panjang tungkai dan kekuatan otot tungkai terhadap akurasi tendangan ke gawang sebesar 76.4%, sedangkan sisanya sebesar 23.6% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 07 Apr 2015 00:45
Last Modified: 29 Jan 2019 20:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15464

Actions (login required)

View Item View Item