MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGHITUNG KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA SISWA KELAS III SD SILUK IMOGIRI

Nurhayati, Ika Siwi (2015) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGHITUNG KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA SISWA KELAS III SD SILUK IMOGIRI. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
IKA SIWI NURHAYATI (09108247010).pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menghitung keliling dan luas bangun datar melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas III SD Siluk, Selopamioro, Imogiri, Bantul Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Siluk, Selopamioro, Imogiri, Bantul yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 12 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Obyek penelitian ini adalah Keterampilan Menghitung Keliling dan Luas Bangun Datar. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dalam penelitian ini didapatkan dengan teknik observasi menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keterampilan menghitung keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas III SD Siluk Imogiri. Hasil pra tindakan rata-rata kelas adalah 59,61 untuk ketuntasannya ada 8 siswa atau 38,09% dan belum tuntas ada 13 siswa atau 61,91%. Hal ini belum memenuhi Kriteria Ketuntasa Minimal yaitu 75. Pada siklus I diperoleh hasil rata-rata kelas 73,95, ketuntasan ada 13 siswa atau 61,91% dan belum tuntas 8 siswa atau 38,09% berarti ada kenaikan nilai rata-rata dari pra tindakan ke siklus I sebesar 23, 82 %. Sedangkan siklus II hasilnya mengalami kenaikan lagi yaitu rata-rata kelas meningkat menjadi 79,81 dan ketuntasannya ada 16 siswa atau 76,19 %, dengan demikian ada kenaikan nilai rata-rata siklus I ke siklus II sebesar 14,28%. Selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran juga meningkat. Hal ini ditandai dengan siswa semakin berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan suasana kelas menjadi lebih hidup. Kata kunci : keterampilan menghitung, cooperative learning tipe STAD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15460

Actions (login required)

View Item View Item