UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BEDOG

Nurrohim, - (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BEDOG. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Skripsi PTK.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Bedog, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman melalui pembelajaran matematika realistik. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan materi KPK dan FPB. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Bedog yang berjumlah 22 siswa, 9 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes dan observasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) aktivitas siswa 72,07% pada sikjlus I dan meningkat menjadi 85,42% pada siklus II, 2) nilai rata- rata siswa 58,18 pada siklus I dan meningkat menjadi 68, 96 pada siklus II, 3) Ketuntasan belajar siswa 40,91% pada siklus I dan meningkat menjadi 86,36% pada siklus II. Kata kunci : Pembelajaran matematika realistik, Prestasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15457

Actions (login required)

View Item View Item