PERBEDAAN KONSEP DIRI SISWA DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERBAH TAHUN AJARAN 2012/2013

Henny Prasetya Wati, Henny (2015) PERBEDAAN KONSEP DIRI SISWA DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERBAH TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan konsep diri siswa ditinjau dari pola asuh orang tua pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian yang berjumlah 142 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang berarti subjek penelitian adalah jumlah keseluruhan populasi. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan wawancara. Analisis data menggunakan uji ANOVA. Penelitian dimulai dengan melakukan uji coba instrumen serta melakukan uji validitas dan reliabilitas. Dari uji validitas diperoleh koefisien validitas item valid bergerak dari 0,350 sampai 0,628 dan uji reliabilitas diperoleh koefisien sebesar 0,903 untuk konsep diri dan koefisien sebesar 0,886 untuk pola asuh. Hasil uji ANOVA diperoleh sebesar 0,000 yang berarti memiliki nilai signifikansi yang tinggi dan menunjukkan adanya perbedaan konsep diri siswa ditinjau dari pola asuh orang tua. Siswa yang memiliki konsep diri positif sebesar 72, 5% atau 103 siswa dan negatif sebesar 27, 5% atau 39 siswa. Siswa yang mempersepsikan orang tuanya menerapkan pola asuh autoritarian sebanyak 26 siswa atau 18, 3% yang terdiri dari 7 siswa atau 4, 9% memiliki konsep diri positif dan 19 siswa atau 13, 4% memiliki konsep diri negatif. Siswa dengan pola asuh autoritatif sebanyak 103 siswa atau 72, 5% yang terdiri dari 88 siswa atau 62, 0% memiliki konsep diri positif dan 15 siswa atau 10, 6% memiliki konsep diri negatif. Sedangkan jumlah siswa dengan pola asuh permisif sebanyak 13 siswa atau 9, 2% yang terdiri dari 3 siswa atau 2, 1% memiliki konsep diri positif dan 10 siswa atau 7, 0% memiliki konsep diri negatif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pola asuh autoritarian dan permisif cenderung membentuk konsep diri negatif, sedangkan pola asuh autoritatif cenderung membentuk konsep diri positif. Kata kunci : konsep diri, pola asuh

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15454

Actions (login required)

View Item View Item