PENINGKATAN KETERBUKAAN DIRI MELALUI TEKNIK JOHARI WINDOW PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 PACITAN

Citra Wahyu Sernika, Citra (2015) PENINGKATAN KETERBUKAAN DIRI MELALUI TEKNIK JOHARI WINDOW PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 PACITAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_CITRA_WAHYU_SERNIKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterbukaan diri pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Pacitan melalui teknik Johari Window. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis dan Taggart. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian diambil melalui teknik purposive sampling. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa kelas X DKV-1 SMK Negeri 1 Pacitan. Tindakan dalam penelitian ini merupakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan cara membuka diri berdasarkan perubahan daerah diri dalam Johari Window. Teknik ini membantu siswa dalam mengenali bagian-bagian dirinya dan orang lain di sekitarnya. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala keterbukaan diri, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik Johari Window dapat meningkatkan keterbukaan diri pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Pacitan. Peningkatan dibuktikan dengan hasil skor skala keterbukaan diri rata-rata pre test sebesar 90,7; post test I sebesar 113,4; dan post test II sebesar 129,3. Hasil tersebut telah diperkuat dengan hasil wawancara dan observasi terhadap subyek yang menunjukkan bahwa siswa merasa lebih nyaman dalam berkomunikasi dengan orang lain dan dapat menyampaikan permasalahan yang dihadapinya dengan baik, serta gerak tubuh siswa jauh lebih rileks dan mampu lebih akrab menjalin kedekatan dengan orang lain. Kata kunci: keterbukaan diri, teknik Johari Window

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15453

Actions (login required)

View Item View Item