PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PELAKSANAAN KONSELING DENGAN PENDEKATAN GESTALT BAGI GURU BK SMA DI KOTA YOGYAKARTA

Dinda Indah Permatasari, Dinda (2015) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PELAKSANAAN KONSELING DENGAN PENDEKATAN GESTALT BAGI GURU BK SMA DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku panduan pelaksanaan konseling dengan pendekatan Gestalt bagi guru BK SMA di Kota Yogyakarta yang berguna dan memenuhi standar kelayakan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan melalui 9 tahap, yaitu: tahap penelitian awal dan pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk awal, validasi ahli, dua tahap uji coba, dan tiga tahap revisi. Produk yang dikembangkan berupa buku panduan yang terdiri dari beberapa materi yaitu biografi tokoh Gestalt, hakikat manusia, prinsip-prinsip Gestalt, konsep kunci kepribadian, tujuan konseling Gestalt, konselor Gestalt, konseli Gestalt, proses konseling serta teknik konseling. Validasi ahli meliputi 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Uji coba terbatas dilakukan kepada 5 orang guru BK sedangkan uji coba produk akhir dilakukan kepada 28 orang guru BK. Subyek dalam penelitian ini adalah guru BK SMA Negeri di kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa buku panduan pelaksanaan konseling dengan pendekatan Gestalt dapat dikategorikan layak digunakan oleh guru BK sebagai informasi dan pengetahuan proses konseling dengan pendekatan Gestalt. Penilaian kelayakan buku panduan berdasarkan validasi ahli media dapat dikategorikan “Sangat Baik” dengan persentase 85,22%, sedangkan penilaian menurut ahli materi dapat dikategorikan “Sangat Baik” dengan persentase 86,36%. Kemudian penilaian kualitas produk hasil uji coba terbatas yang dilakukan oleh 5 orang guru BK dapat dikategorikan “Sangat Baik” dengan persentase 80,22% dan yang terakhir hasil penilaian berdasarkan uji coba produk akhir yang dilakukan oleh 28 orang guru BK dapat dikategorikan “Sangat Baik” dengan persentase 88,23%. Kata kunci: buku panduan, konseling dengan pendekatan Gestalt, guru BK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15451

Actions (login required)

View Item View Item