EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO BERBASIS KELAS ONLINE TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR LARUTAN ASAM DAN BASA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 WATES SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014

Rahmawati, Aulia (2014) EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO BERBASIS KELAS ONLINE TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR LARUTAN ASAM DAN BASA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 WATES SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Abstrak Bahasa Indonesia.docx

Download (19kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan 1) motivasi dan 2) prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan media Edmodo berbasis kelas online dengan peserta didik yang tidak menggunakan media Edmodo berbasis kelas online, 3) peningkatan motivasi belajar sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan media Edmodo berbasis kelas online di kelas XI SMA N 1 Wates semester genap tahun ajaran 2013/2014. Populasi penelitian adalah sejumlah 113 peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Wates tahun ajaran 2013/2014, sedangkan sampel penelitian terdapat 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih dua kelas sampel tersebut. Data motivasi belajar dianalisis menggunakan uji-t, sedangkan data prestasi belajar dianalisis menggunakan uji anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan 1) motivasi dan 2) prestasi belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan media Edmodo berbasis kelas online dan peserta didik yang tidak menggunakan media Edmodo berbasis kelas online, 3) tidak ada peningkatan motivasi belajar peserta didik sebelum dengan sesudah pembelajaran menggunakan media Edmodo berbasis kelas online. Kata kunci: motivasi belajar, prestasi belajar, Edmodo, larutan asam basa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 06 Apr 2015 07:47
Last Modified: 29 Jan 2019 20:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15443

Actions (login required)

View Item View Item