HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2008 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Novianti Rahayu, Novianti (2015) HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2008 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI NOVIANTI RAHAYU_NIM 07104244028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat self-efficacy mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi; (2) tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi; (3) mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa bimbingan dan konseling angkatan 2008 Universitas Negeri Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Tekhnik pengambilan sampel dengan tekhnik purposive sample. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala self- efficacy dan skala prokrastinasi akademik. Hasil uji validitas pada skala self- efficacy berada pada kisaran rhitung tertinggi yaitu 0,554 dan rhitung terendah yaitu 0,053 sedangkan pada skala prokrastinasi akademik berada pada kisaran rhitung tertinggi yaitu 0,596 dan rhitung terendah yaitu 0,094. Hasil uji reliabilitas pada skala self-efficacy diperoleh nilai koefisien alpha (α) sebesar 0,853 dan pada skala prokrastinasi akademik diperoleh nilai koefisien alpha (α) sebesar 0,878. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan 72.5% mahasiswa memiliki self-efficacy yang tergolong rendah dan 77.5% menunjukkan mahasiswa melakukan prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi yang tergolong tinggi. Artinya, semakin rendah self-efficacy yang dimiliki mahasiswa maka akan semakin tinggi prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa. Hal tersebut didasari dari hasil perhitungan korelasi dengan diperoleh harga koefisien korelasi (r = -0.430, p(sig) = 0,004), harga p menunjukkan nilai lebih kecil dari 0.05. Jadi hipotesis yang menyatakan bahwa ada hubungan yang negatif dan signifikan antara self-efficacy dengan prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa bimbingan dan konseling angkatan 2008 Universitas Negeri Yogyakarta, diterima pada taraf signifikansi 5%. Kata kunci: self-efficacy, prokrastinasi akademik, penyelesaian skripsi mahasiswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15441

Actions (login required)

View Item View Item