PENGEMBANGAN MODUL PENGAYAAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN TERAPANNYA DALAM SIFAT KOLIGATIF LARUTAN UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA

Solikhah, Ratna Amalia (2014) PENGEMBANGAN MODUL PENGAYAAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN TERAPANNYA DALAM SIFAT KOLIGATIF LARUTAN UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pengayaan tentang larutan elektrolit dan terapannya dalam sifat koligatif larutan untuk peserta didik SMA/MA dan menguji kualitasnya berdasarkan penilaian oleh lima guru kimia. Kualitas produk diuji berdasarkan beberapa tahapan seperti perencanaan, pengorganisasian, pengembangan, dan penilaian. Pengembangan modul pengayaan dibimbing oleh dosen pembimbing sebagai ahli materi dan ahli media pembelajaran. Beberapa saran juga didapatkan dari peer reviewer dan reviewer. Modul pengayaan ini dinilai oleh lima guru kimia di Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai reviewer. Instrumen penelitian pengembangan terdiri dari dua puluh tujuh kriteria yang terbagi dalam tiga komponen. Data yang dihasilkan berupa data proses pengembangan dan data kualitas produk. Data kualitas produk ditabulasikan dan dianalisis menggunakan pedoman penilaian ideal untuk menentukan kualitas modul pengayaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pengembangan tentang larutan elektrolit dan terapannya dalam sifat koligatif larutan untuk peserta didik SMA/MA berdasarkan penilaian lima reviewer adalah Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 88,30%. Dengan demikian modul pengayaan yang dihasilkan layak sebagai sumber belajar peserta didik SMA/MA. Keyword : modul pengayaan,larutan elektrolit, sifat koligatif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 06 Apr 2015 07:20
Last Modified: 29 Jan 2019 20:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15432

Actions (login required)

View Item View Item