UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI PAPER QUILLING PADA ANAK KELOMPOK B4 DI TK MASYITOH DUKUH, IMOGIRI, IMOGIRI, BANTUL

Iswatun, Khasanah (2015) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI PAPER QUILLING PADA ANAK KELOMPOK B4 DI TK MASYITOH DUKUH, IMOGIRI, IMOGIRI, BANTUL. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui paper quilling pada anak kelompok B4 TK Masyitoh Dukuh, Imogiri, Imogiri, Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Siklus I dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan, sedangkan siklus II dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dan sudah mencapai indikator keberhasilan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B4 sebanyak 25 anak yang terdiri dari lima belas anak perempuan dan sepuluh anak laki-laki. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi (checklist) dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan keterampilan motorik halus dikatakan berhasil apabila persentase keterampilan motorik halus anak mencapai ≥ 80% dari jumlah anak secara keseluruhan yaitu 20 anak, khususnya pada keterampilan menggulung dan mengelem dengan rapi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan motorik halus. Hal ini dibuktikan dengan hasil pre test sebesar 50,71%, meningkat pada siklus I menjadi 77,18% dan pada siklus II menjadi 93,04%. Hasil penelitian membuktikan bahwa paper quilling dapat meningkatkan keterampilan motorik halus. Kata kunci: keterampilan motorik halus, paper quilling, TK Kelompok B4

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15427

Actions (login required)

View Item View Item