UPAYA MENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG REPRODUKSI SEHAT MELALUI DISKUSI KELOMPOK KECIL PADA SISWA KELAS X DI SMKN I SANDEN BANTUL

Ratih Wulansari, Ratih (2015) UPAYA MENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG REPRODUKSI SEHAT MELALUI DISKUSI KELOMPOK KECIL PADA SISWA KELAS X DI SMKN I SANDEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI RATIH WULANSARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang reproduksi sehat pada siswa kelas X RPL dan TPHPI di SMKN I Sanden melalui metode diskusi kelompok kecil. Penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas X RPL dan TPHPI di SMKN I Sanden.Subjek dalam penelitian ini 8 siswa, pengambilan subjek dilakukan secara purposive sampling (sample bertujuan). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan instrumen yang digunakan adalahskala reproduksi sehat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang reproduksi sehat dapat dikembangkan melalui diskusi kelompok kecil pada siswa kelas X RPL dan TPHPI di SMKN I Sanden.Hal ini dapat dilihat dari hasil perbandingan antara hasil pre-test dengan hasil post-test yang mengalami dimilikinya. Peningkatan sangat signifikan. Hasil pre-test51,75%, setelah dilakukan tindakan dan post-testmengalami peningkatan menjadi 77,63%. Teknik diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan pemahaman reproduksi sehatsiswa karena siswa menjadi mampu memahami, mengenal dirinya dan mampu menghargai dirinya sendiri yang dapat ditunjukkan dengan perilaku yakin pada kemampuan yang dimiliki. Kata kunci : reproduksi sehat, diskusi kelompok kecil, siswa SMK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15426

Actions (login required)

View Item View Item