MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF PADA SISWA KELOMPOK B2 DI RA. SUNAN PANDANARAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Inovia, Nurul Vebianti (2015) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF PADA SISWA KELOMPOK B2 DI RA. SUNAN PANDANARAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI INOVIA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kreativitas anak usia dini perlu ditingkatkan melalui kegiatan yang menarik dan menyenangkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui permainan konstruktif pada siswa Kelompok B2 di RA. Sunan Pandanaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa yang berusia 5-6 tahun yang tergabung dalam kelompok B2 RA. Sunan Pandanaran. Penelitian ini bersifat kolaboratif dengan guru kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan. Penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak meningkat melalui permainan konstruktif, yaitu kreativitas anak sebelum diadakan tindakan terdapat 7 anak (25%) dengan kriteria bintang 4. Pada Siklus I peneliti memperkenalkan permainan konstruktif menggunakan play dough pada anak, kemudian memberikan contoh permainan konstruktif pada anak, sehingga anak dapat memahami kegiatan pembalajaran dengan menggunakan permainan konstruktif. Pada Siklus II anak-anak dibebaskan melakukan permainan konstruktif menggunakan lego. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan kreativitas yang didapat pada Siklus I yaitu 11 anak (39%) dan pada Siklus II peningkatan kreativitas menjadi 23 anak (82%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak menggunakan permainan konstruktif didukung oleh indikator kreativitas. Selain itu keberhasilan dalam penelitian adalah adanya motivasi dari guru dan pendampingan kepada anak agar anak memiliki rasa percaya diri. Kata kunci: kreativitas, permainan konstruktif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15422

Actions (login required)

View Item View Item