UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TIMBULHARJO DEPOK SLEMAN

Rahmanto, Budi (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TIMBULHARJO DEPOK SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi Budi R .pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD N Timbulharjo Depok Sleman melalui penggunaan media powerpoint. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(Classroom Action Research). Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD N Timbulharjo tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 28 siswa, yang terdiri dari 19 siswa laki- laki dan 9 siswa perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes prestasi belajar, lembar observasi, dan kamera. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Indikator penelitian ini adalah minimal 75% dari seluruh siswa yang mengikuti pembelajaran telah mencapai taraf kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan yaitu nilai ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media powerpoint dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Timbulharjo Depok Sleman. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa sebelum dilakukan tindakan dan sesudah dilakukan tindakan. Nilai rata-rata kelas sebelum dikenai tindakan yaitu 59, pada siklus I meningkat menjadi 77,1 dan pada siklus II menjadi 81,6. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada pra tindakan sebanyak 11 siswa atau sebesar 39,3%, pada siklus I meningkat menjadi 18 siswa atau sebesar 64,3%, dan pada siklus II menjadi 25 siswa atau sebesar 89,3%. Kata Kunci: prestasi belajar IPS, Media Powerpoint

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15419

Actions (login required)

View Item View Item