UPAYA MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS MELALUI BERMAIN TANAH LIAT PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ‘AISYIYAH DUKUH KECAMATAN MANTRIJERONKOTA YOGYAKARTA

Nurfauziyah (2015) UPAYA MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS MELALUI BERMAIN TANAH LIAT PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ‘AISYIYAH DUKUH KECAMATAN MANTRIJERONKOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nurfauziyah (10111247017).pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan motorik halus anak kelompok A usia 4-5 tahun melalui bermain tanah liat di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Dukuh Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 17 anak, terdiri dari 10 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Obyek dari penelitian ini berupa upaya pengembangan motorik halus melalui bermain tanah liat. Lokasi penelitian di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Dukuh Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dengan observasi atau pengamatan secara langsung, sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bawa motorik halus anak dapat dikembangkan melalui bermain tanah liat. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas kelenturan otot-otot halus dan terampil koordinasi indera mata dan tangan yang dikembangkan mengalami peningkatan yang baik atau berkembang sesuai harapan. Kelenturan otot-otot halus dan terampil koordinasi indera mata dan tangan mencapai 82% atau sejumlah 14 anak dari 17 anak yang diteliti. Kata kunci: pengembangan motorik halus, bermain tanah liat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15417

Actions (login required)

View Item View Item